5 Cara Ampuh Membuat Udara Dalam Rumah Menjadi Lebih Segar

Semutmulia.com - Bagi sebagian orang memiliki udara yang segar dalam rumah adalah sesuatu yang sulit. Padahal jika mengetahui cara membuat udara segar di dalam rumah maka semuanya akan menjadi mudah. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips sederhana untuk menyegarkan dan membersihkan udara di tempat tinggal anda.

Udara yang segar dan bersih dalam rumah sangat penting bagi kesehatan anda dan juga keluarga. Hal yang kerap tidak anda sadari adalah bahwa polusi udara juga dapat terjadi dalam rumah anda. Kotoran-kotoran seperti debu, rambut-rambut dari hewan peliharan serta karbon monoksida yang masuk kerumah anda bisa memiliki efek buruk bagi kesehatan jika terjadi dalam jangka panjang. Penyakit-penyakit seperti sakit kepala, sakit mata hingga flu bisa jadi diakibatkan karena kualitas udara yang buruk di rumah.

Cara Membuat Udara Segar Dalam Rumah

cara membuat udara segar dalam rumah

Taruh Tanaman Hias

Adanya tanaman di dalam rumah anda dapat membantu menyegarkan udara. Ini karena kemampuan alami tananman yang menyerapkan karbon dioksikan dan mengeluarkan oksigen. Beli lah tanaman hias yang cocok untuk ditaruh di dalam rumah. Biarkan ia membantu membersihkan udara rumah anda. Cara ini bisa dibilang ampuh untuk menyegarkan udara dalam ruangan.

Bersihkan Ventilasi Udara

Hal ini biasanya banyak dilupakan oleh pemilik rumah. Padahal ventilasi udara adalah tempat masuknya udara segar ke dalam rumah. Jika lama tidak dibersihkan maka akan banyak debu-debu yang menempel disaluran udara. Akibatnya udara yang masuk menjadi tercampur debu. Lakukan secara rutin untuk membersihkan jendela dan membukanya, serta bersihkan juga saringan udara pada AC. Cara membuat udara segar dalam rumah yang satu ini memang tidak mudah dan sebaiknya Anda meminta bantuan orang lain untuk membersihkan ventilasi udara dan juga saringan udara AC.

Gunakan Deterjen dan Pelembut Pakaian yang Aman

Cara membersihkan udara dalam rumah agar segar yang kelima adalah dengan jeli dalam memilih deterjen pakaian. Deterjen dan pelembut pakaian biasanya banyak mengandung bahan kimia. Salah satu bahan yang terkandung di deterjen adalah Karsinogen yang dapat mempengaruhi kinerja hidung, tenggorokan dan paru-paru. Usahakan selalu gunakan deterjen yang ramah lingkungan dan natural, sehingga aman digunakan sehari-hari.

Ganti Penyegar Udara

Beberapa studi mengatakan bahwa penyegar udara banyak mengandung bahan yang beracun seperti aseton, butana, propana dan formaldehid yang semuanya dapat mengakibatkan gangguan serius pada pernapasan. Selalu gunakan penyegar udara yang bebas dari bahan kimia atau setidaknya mengandung bahan kimia yang tidak berbahaya. Akan lebih baik jika anda tidak menggunakan penyegar udara kimia di rumah anda. Pastikan untuk menggantinya secara berkala jika dirasa sudah tidak nyaman di hidung anda.

Bersihkan Tempat Tidur

Selalu bersihkan tempat tidur secara teratur. Karena ditempat tidur banyak sekali debu-debu yang tidak terlihat namun menempel disana. Untuk menghindari kualitas udara yang buruk ditempat tidur anda maka cucilah sarung bantal, sprei dan selimut seminggu sekali. Membersihkan tempat tidur biasanya jarang sekali dilakukan, bahkan banyak orang yang merasa malas membersihkan tempat tidur. Akibatnya hingga berbulan-bulan tempat tidur tidak dibersihkan dan menjadi sarang debu.

Itu lah beberapa cara membuat udara rumah menjadi lebih segar. Jika cara-cara di atas rutin anda lakukan atau terapkan maka rumah anda akan memiliki udara yang lebih segar dari sebelumnya. Dengan udara yang bersih maka anda bersama keluarga bisa menjadi lebih sehat dan tidak mudah sakit.

0 Response to "5 Cara Ampuh Membuat Udara Dalam Rumah Menjadi Lebih Segar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel