7 Cara Menata Rumah Kontrakan yang Sempit Agar Lebih Luas

Semutmulia.com - Cara menata rumah kontrakan yang sempit dengan benar akan sangat berpengaruh terhadap kenyamanan. Cara mengatur ruangan dan peletakan barang harus menggunakan trik tersendiri. Hal ini karena memang rumah kontrakan biasanya berukuran kecil sehingga perlu disiasati agar tidak terasa sumpek.

Lalu bagaimana cara membuat kontrakan yang sempit namun tetap nyaman dihuni? Ada beberapa tips menata kontrakan yang bisa Anda simak dibawah ini. Sehingga nantinya rumah kontrakan Anda menjadi terasa lebih luas dan nyaman untuk ditinggali.

Cara Menata Rumah Kontrakan 1 dan 2 Petak

Cara Menata Rumah Kontrakan
Ruangan yang sempit dan terbatas pada rumah kontrakan membuat kita harus memanfaatkan setiap jengkalnya dengan sangat baik. Kesalahan dalam menata ruangan akan sangat berakibat buruk dan membuat ruangan terasa sangat sempit. Untuk itu Anda perlu mengikuti langkah-langkah menata kontrakan dibawah ini.

1. Bawa Barang Seperlunya

Menata Rumah Kontrakan 1 Petak
Ketika Anda memutuskan pindah ke rumah kontrakan maka sebaiknya jangan bawa seluruh barang milik Anda. Singkirkan barang-barang yang memang tidak terlalu Anda perlukan. Hal ini penting dilakukan untuk menghemat ruangan rumah kontrakan yang memang terbatas. Sebaiknya jual atau berikan kepada orang lain barang yang memang tidak terlalu dibutuhkan.

2. Bagi Satu Ruangan Menjadi Beberapa Zona

Cara Menata Ruangan Rumah
Ruangan yang terbatas bukan berarti tidak biisa dibagi ke dalam beberapa zona khusus. Anda masih dapat menyiasati hal ini dengan membuat petak-petak untuk kegiatan tertentu. Misalkan di sudut ruangan Anda taruh meja dan kursi sebagai tempat khusus untuk bekerja. Sementara bagian lain sebagai tempat nonton TV atau duduk bersama keluarga.

Dalam membagi satu ruangan menjadi beberapa area khusus ini Anda tidak perlu membuat sekat-sekat. Gunakan saja sofa maupun kursi sebagai pembatasnya. Ruangan tanpa sekat akan terlihat lebih luas dan lapang. Anda juga bisa memanfaat perabotan lainnya sebagai pembatas visual antar zona. Ini merupakan cara menata rumah kontrakan 1 petak yang sangat penting. Yaitu membagi ruangan dengan perabot dan menghindari pembuatan sekat.

3. Manfaatkan Pojok Ruangan dan Dinding yang Tersedia

Memanfaatkan Pojok Ruangan
Cara menata rumah kontrakan agar terlihat lebih luas berikutnya adalah dengan memanfaatkan celah sempit maupun pojok ruangan. Anda bisa memanfaatkan area seperti ini untuk meletakan barang. Dengan begitu maka setiap area ruangan kontrakan benar-benar dimanfaatkan dengan baik tanpa ada area yang yang sia-sia.

Dinding juga bisa dimanfaatkan untuk menata ruangan. Misalnya dengan meletakan rak-rak gantung pada area dinding. Rak-rak ini bisa digunakan untuk menyimpan berbagai benda atau barang berukuran kecil. Sehingga dengan begitu ruangan akan menjadi lebih rapi dan tidak berantakan. Ruangan yang rapi mampu menghadirkan rasa nyaman, serta membuat suasana terasa lebih lapang.

4. Gantung Cermin Besar

Menaruh Cermin Dalam Ruangan
Cermin rupanya dapat menjadi ilusi optik dan membuat ruang yang sempit tampak menjadi lebih besar. Anda bisa menambahkan cermin berukuran besar pada ruang tamu. Pastikan penempatannya pas, dan tidak tampak mengganggu. Pastikan cermin selalu bersih dan bebas kotoran.

5. Biarkan Cahaya Matahari Masuk

Ruangan yang tidak terkena cahaya matahari pastinya akan terasa pengap dan sempit. Cara menata kontrakan 2 petak yang sempit agar terlihat luas dengan memanfaat sinar matahari biasanya diabaikan banyak orang. Padahal cahaya matahari dapat menambah kesan segar dalam ruangan.

Anda bisa memasukan cahaya matahari ke dalam ruangan dengan memanfaatnya jendela. Jangan gunakan tirai yang terlalu tebal agar tidak menghalangi sinar matahari masuk ke ruangan. Sesekali buka juga jendela untuk memberi kesempatan udara segar dan sinar matahari masuk ke dalam ruangan. Dengan begitu rumah kontrakan yang sempit akan terasa lebih lapang.

6. Dekor Ulang Ruangan

Dekorasi Rumah Kontrakan
Tidak semua rumah kontrakan mengijinkan penghuninya untuk mendekor ulang rumah. Padahal mendekor ulang rumah kontrakan adalah cara menata rumah kontrakan yang sangat ampuh untuk membuatnya lebih nyaman ditinggali.

Meskipun dilarang untuk mengubah bangunan rumah, biasanya penghuni tetap diizinkan untuk mengubah cat rumah kontrakan. Nah, Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk mengubah cat rumah agar lebih fresh dan bisa memberikan kesan luas. Hindari penggunaan warna-warna gelap karena dapat menyebabkan ruangan tampak lebih sempit.

7. Tambahkan Hiasan

Meletakan Tanaman Dalam Rumah
Cara menata rumah kontrakan agar terlihat lebis luas yang terakhir yaitu dengan menambahkan hiasan. Hiasan ini bisa berupa foto-foto yang di tempel di dinding maupun hiasan lainnya seperti bunga. Menaruh tanaman di dalam ruangan juga bisa menjadi cara membuat udara rumah menjadi lebih segar. Tentunya jangan terlalu banyak menaruh tanaman karena pasti akan memakan banyak tempat.

Penataan memang menjadi faktor penting dalam membuat sebuah ruangan menjadi lebih luas dan lebih nyaman. Cara menata rumah kontrakan di atas semoga bisa membantu Anda menyiasati ruangan yang sempit namun tetap nyaman untuk ditempati.

0 Response to "7 Cara Menata Rumah Kontrakan yang Sempit Agar Lebih Luas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel